Selasa, 03 Januari 2012

MaknaNatal yang Sejati

Berkenaandenganmasa-masaAdvenini, adabaiknyakitamempersiapkanhatidanpikirankitauntukmenghayatikembalimakna Natal yang sejatiitu.Kali ini SABDA Space mengundang Pak John Adisubratasebagaipenulistamu.Selamatmenyimak.
***
KetikaYesusdilahirkan di kotaBetlehemlebihdariduaributahun yang lalu, peristiwaituhanyadisaksikanoleh orang-orang awamsaja. Kelahiran Raja di atassegala raja yang sudahdinubuatkanberibu-ributahunsebelumnya, bahkandifirmankanoleh TUHAN sendiri (Kejadian 3:15), tidakdigenapidenganpenuhkemegahan di hadapan raja-raja atauparabangsawanlainnya.Sebaliknya, Ialahirdibungkusdenganlampindandibaringkan di dalamsebuahpalungankarenapadasaatitutidakadakamar yang kosong di rumah-rumahpenginapanuntukibu-Nya, Maria, serta Yusuf, suaminya (Lukas 2:7).
Kisahkelahiran-Nya yang tampaktakberartidansederhanaituterbuktibertahanmengarungiwaktu, ...selalurelevanbagikehidupanumatmanusiasepanjangmasa. Setiaptahun, berbagaigenerasi di seluruhduniamendengar, mengenang, danmemperingatikejadianbersejarahtersebut, yang tetapberkuasauntukmengubahhidup.
Selainmengirimketiga orang majus, Tuhanhanyamemakai orang-orang biasasajasebagaisaksi-saksikelahiranAnak-Nya yang tunggal.Alkitabmengatakanbahwagembala-gembala yang sedangmenjagakawananternakmereka di padangdipiliholeh-Nyauntukmenjadisaksi-saksipertamakelahiranKristus. BukanparaahliTaurat, orang-orang Farisiatau orang-orang terpelajarlainnya! Malamhariitumerekamelihatdanmendengarpujian yang dinyanyikanolehsejumlahbesarbalatentarasorga: "Kemuliaanbagi Allah di tempat yang mahatinggidandamaisejahtera di bumi di antaramanusia yang berkenankepada-Nya" (Lukas 2:14).
Padahalpadaabad yang pertama, status parapenggembaladomba di Israel tergolongamatrendah.Kesaksian-kesaksianmerekatidakbisaditerimaoleh orang-orang Yahudidalamsistempengadilanmereka.Kendatipundemikian, Tuhanmenjadikanmerekasaksi-saksi yang sahuntukmemberitakankedatangan-Nya di dunia.Injil Lukas mencatat: "Dan semua orang yang mendengarnyaherantentangapa yang dikatakangembala-gembalaitukepadamereka" (Lukas 2:18).
SampaisaatiniTuhanmasihtetapmemilih orang-orang biasasebagaisaksi-saksi-Nyauntukmemberitakankabargembiramengenaikelahiran Sang Raja Damailebihdariduaributahun yang lalu. Kita tidakperlubertanya-tanya: "ApakahTuhanmaumemakaisaya yang tidakmemunyaikepandaianapa-apa?"
Jika Allah Bapa di surgabersediamemakaiparagembala di padang, yang dipandangrendaholehmasyarakatYahudipadazamanituuntukmenjadisaksi-saksi-Nya yang mutlak, tentuIajugaberkenanmenggunakanumat "sederhana" sepertikita. Yang dituntuthanyasikaphati yang taat, yang maumenceriterakanperistiwaitukepada orang lain sepertiapaadanya, seperti yang sudahtercatat di dalamfirmanTuhan. Tanpamenambahkanembel-embel lain yang sudahdilumrahkanolehumum, yang tampaknyasudahberhasilmembajakkebenaranisiAlkitabmengenaiharibersejarahtersebut.
YesuslahintiperayaanhariNatal yang diadakansetiaptahun di seluruhdunia.Dialahpenyebabhariitudirayakansebagaisuatuperingatanakankedatangan Allah yang bersediamerendahkandiri-Nyasendiri, menjelmamenjadiseorangmanusia, agar kita, anak-anakmanusia, bisadisebutsebagaianak-anak Allah (Galatia 3:26).
SABDA Space adalahsebuah arena optimal yang disediakanolehTuhanuntukkitasebagaisalahsatuinstrumenterbaik yang bisamenjangkaudaerah-daerah yang tidakmungkinkitakunjungisecarapribadi.Melalui media inikitabisamemproklamirkantanpakompromikebenarankisahkelahiran Sang JuruSelamatkepadadunia.Marilahkitasalingbergandengtangan, bahu-membahu, menggunakansetiapkesempatanindah yang disediakanoleh arena ini, untukmenjadisaksi-saksi-Nya yang maumembagikankebenarankisah Natal sepertiapaadanya, ...seperti yang sudahdilakukanolehparagembalapadasaatkelahiran-Nya.
Agar ... duniamengertikebenaranayatini: "Karenabegitubesarkasih Allah akanduniaini, sehinggaIatelahmengaruniakanAnak-Nya yang tunggal, supayasetiap orang yang percayakepada-Nyatidakbinasa, melainkanberolehhidup yang kekal" (Yohanes 3:16).
Syalom

Tidak ada komentar:

Posting Komentar