Selasa, 01 November 2011

Jangan Khawatir Dengan 10 Mitos Kehamilan

 

 Pikiran yang Tenang adalah hal Penting Waktu Hamil.

Banyak hal-hal yang Anda dengar mungkin tidak memiliki dasar ilmiah. Di sini kita berurusan dengan beberapa kekhawatiran terburuk Anda tentang kehamilan, yang dapat dibuktikan bahwa itu hanya mitos belaka. (Don’t worry to much)
1. bayi saya tidak dapat cukup nutrisi.
Jangan khawatir jika makanan – atau bahkan melihat, mencium atau mikir makanan saja membuat Anda mual. Kenaikan berat badan dalam beberapa bulan pertama kehamilan adalah minimal. Bahkan, beberapa perempuan bahkan kehilangan sedikit berat badan.
Bayi Anda pada umumnya aman dan cukup nutrisi jika anda tetap sehat selama hamil. Kecuali jika Anda melihat tanda-tanda peringatan seperti dehidrasi, kehilangan berat badan yang drastic atau morning sickness yang parah.

2. Berhubungan sex akan menyakitkan bayi kita
Jika Anda memiliki kehamilan berisiko rendah, tidak perlu untuk pantang. Anda mungkin disarankan untuk menghindari seks hanya jika Anda sudah memiliki sejarah keguguran atau karena suatu hal akan melalui kehamilan berisiko tinggi.
Biarkan dokter menjadi hakim yang terbaik untuk hal ini.

3. Saya minum parasetamol beberapa hari yang lalu dan saya khawatir akan mempengaruhi bayi kami
Kehamilan tidak berarti Anda harus sanggup menahan sesuatu itu setiap saat. Kebanyakan dokter setuju bahwa tidak apa-apa untuk sesekali minum analgesik untuk rasa nyeri yang parah.
Pastikan Anda berkonsultasi pada dokter obat mana yang aman untuk anda gunakan.

4. Perut saya terbentur tas seseorang di jalan dan saya khawatir sekarang
Bayi Anda juga dilindungi dalam kandungan dan aman dari benturan kecil, tersandung atau jatuh  oleh cairan amnion dimana bayi Anda mengapung.
Namun, jika Anda mengalami kram atau perdarahan vaginal, segera pergi ke dokter.

5. Ibu saya mengatakan saya tidak boleh mengangkat barang apapun, bahkan putra saya umur tiga tahun
Secara umum tidak masalah untuk mengangkat sesuatu kecuali benda tersebut terlalu berat. Tas belanjaan dan anak batita bisa diangkat dan dibawa dengan catatan anda melakukannya dengan benar.
Majukan salah satu kaki anda ke depan lalu tekuk lutut anda untuk mengangkat dan dekatkan dengan badan Anda pada saat mengangkat.

6. Saya seorang yang suka olah raga, tetapi saya pikir saya harus berhenti olah raga selama hamil.
Menjadi sehat tentu akan meningkatkan stamina. Jangan ragu untuk olah raga selama tidak membuat anda terlalu kelelahan, terlalu kepanasan atau terlalu sesak untuk bernafas. Sebagai panduan umum, Anda harus menghirup cukup udara supaya nyaman dalam melakukan olah raga tersebut.
Berjalan santai keliling taman mungkin paling aman bagi mereka yang tak berani melakukan latihan berat.





7. Saya harus terbang untuk perjalanan bisnis tetapi saya pernah membaca bahwa naik pesawat tidak aman untuk ibu hamil.
Sangat aman untuk sesekali terbang jika tanggal perkiraan melahirkan anda lebih dari enam minggu. Hubungi maskapai penerbangan untuk mengetahui kebijakan mereka. Melewati keamanan bandara tidak akan mempengaruhi bayi anda.
Jika anda berada dalam pekerjaan yang perlu sering terbang, Anda mungkin harus mengubah jadwal untuk menghindari menerima dosis tinggi dari radiasi dalam penerbangan.
Jika Anda dalam suatu penerbangan yang panjang, berjalan ke sekitar sedikit dan regangkan kaki Anda untuk menghindari pembengkakan.

8. Saya harus mengurangi penggunaan ponsel, microwave dan bahkan komputer
Penggunaan komputer sangat aman, kata sebuah studi oleh National Institute for Occupational Safety and Health, Cincinnati. Untuk microwave, Anda beresiko mendapatkan radiasi hanya jika ada yang bocor / rusak. Gunakan semua itu seperlunya tetapi jaga jarak yang aman pada saat menyala, hanya untuk jaga-jaga. Penggunaan ponsel yang terlalu aman.
Jika anda masih tidak yakin, menghindari penggunaan berlebihan dari microwave dan ponsel. Gunakan hanya jika diperlukan.

9. Rekan saya berkata bahwa dia berhenti minum kopi ketika dia hamil
Kopi dalam jumlah kecil tidak akan berpengaruh pada bayi, tetapi jangan minum lebih dari tiga cangkir sehari. Kafein dalam jumlah besar dapat menyebabkan bayi lahir dengan berat rendah.
Sebagai aturan umum, lebih baik untuk minum kopi satu cangkir sehari.

10. Teman saya yang hamil mengatakan bayinya bergerak setiap saat. Bayi saya kelihatannya lebih malas.
Jika Anda sudah mulai merasakan gerakan bayi Anda, anda akan mudah khawatir. Jika Anda sangat khawatir tentang gerakan bayi Anda, cobalah untuk tetap dihitung sekali-sekali.
Ini akan sering diperlukan menjelang tanggal kelahiran yang makin dekat. Kecuali jika anda benar-benar menghitung, Anda mungkin akan kehilangan beberapa gerakan yang kemudian mengarah ke ketakutan yang tidak beralasan.
Selama Anda merasa 10 gerakan dalam kurun waktu enam jam, Anda tidak memiliki alasan untuk khawatir.
 oleh Dr Roopa Nishi Viswanathan mendapat MBBS dari Kem Hospital, Mumbai, dengan Magister Nutrisi dari University of Texas at Austin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar